Peran Mahasiswa KKN Posko 27 dalam Meningkatkan Semangat Belajar melalui Bimbingan Les Belajar Malam di Kelurahan Tinjomoyo

Authors

  • Hilyatul Karimah Azzahra UIN Walisongo Semarang
  • Davin Yusuf Nasrullah Sociology, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  • Ine Putri Setiawati Sociology, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  • Intan Sri Wahyuni Sociology, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  • Fuji Astutik Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61579/kirana.v1i3.209

Keywords:

peran mahasiswa, fasilitatot, konsentrasi belajar, minat bakat

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap peran yang dilakukan oleh Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo MIT-MB di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Kota Semarang tahun 2024, dalam upaya meningkatkan semangat belajar melalui bimbingan les belajar malam. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data di kumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumentasi terkait aktivitas Kuliah Kerja Nyata dalam melaksanakan pengabdian masyarakat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 27 berperan sebagai fasilitator dalam meningkatkan konsentrasi belajar, antuisme belajar, mengembangkan minat bakat, memaksimalkan materi yang sudah di berikan saat di sekolah dan yang paling penting adalah memberikan kenyamanan psikologis kepada anak saat belajar. Tujuan tersebut terwujud karena juga adanya dukungan dan pembinaan yang baik yang mendukung dari pihak sekolah dan keluarga

References

Akbar, R. N., Achmady, S., & Khalid, Z. (2024). APLIKASI UJIAN TENGAH SEMESTER DAN AKHIR SEMESTER PADA UNIVERSITAS JABAL GHAFUR BERBASIS ANDROID. KIRANA : Social Science Journal, 01. https://ejournal.sagita.or.id/index.php/kirana/article/view/120/93

Fanani, A. (2010). ICE BREAKING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Buana Pendidikan, 11. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol6.no11.a1080

Haris, J. F., Zahrani, A. D., Khamimi, M. F., & Anbiya, B. F. (2024). Peranan HMJ PAI UIN Walisongo Semarang sebagai Upaya Penguatan Persatuan dan Kesatuan Bangsa. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 03. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/sublim.v3i1

Hasanah, U., Apriani, A., Rahmadani, T. A., Alkahfi, M. A., & Taufiq, M. (2022). OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN SEBAGAI TENAGA PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA BANDAR KUALA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3275-3283

Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-9.

Kholis, N., & Harianto, S. (2022). Respon Masyarakat Desa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) Mahasiswa Di Desa Temandang Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 01. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/ahuda,+(289-303)+%2355.pdf

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdfhttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Radiansyah, Putra, A. B., Azizah, N., & Simanjuntak, S. K. (2023). Manfaat Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 05. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3237

Ramadhan, M. R., Uqba, M. S. S., Wijayanto, R. W., & Kholiqin, A. (2024). Pembelajaran Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Maharah Qiraah di SDIT Yaa Bunayya Wringinanom Gresik. KIRANA : Social Science Journal, 01. https://doi.org/https://doi.org/10.61579/kirana.v1i3.200

Savitri, D. (2023). Mengapa Anak-anak Lebih Cepat Belajar Dibanding Orang Dewasa? DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6597677/mengapa-anak-anak-lebih-cepat-belajar-dibanding-orang-dewasa#:~:text=Kemampuan berpikir anak ini ternyata sudah diuji secara,Mereka bisa menyerap keterampilan baru dibanding orang dewasa.

Syardiansah. (2017). PERANANKULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA. JIM UPB, 07. https://doi.org/https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Wasono, B. S. B. (2021). Strategi dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa (Guepedia (ed.)). Guepedia.

Wibowo, H. S. (2023). Ice breaker dan Pembelajaran (W. Anita (ed.)). Tiram Media.

Zahro, S. S. A. F. (2024). Pengaruh Partisipasi Les Privat Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IVdi SDN Selorejo Mojowarno Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), 04. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3582

Zuhry, M. V. al, & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Orang Tua, Semangat Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 03. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.895

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Karimah Azzahra, H., Nasrullah, D. Y., Setiawati, I. P., Wahyuni, I. S., & Astutik, F. (2024). Peran Mahasiswa KKN Posko 27 dalam Meningkatkan Semangat Belajar melalui Bimbingan Les Belajar Malam di Kelurahan Tinjomoyo. KIRANA : Social Science Journal, 1(3), 133–141. https://doi.org/10.61579/kirana.v1i3.209