Pembelajaran Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Maharah Qiraah di SDIT Yaa Bunayya Wringinanom Gresik

Authors

  • Muhammad Rizqi Ramadhan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • M Sholih Salimul Uqba State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ryan Wahyu Wijayanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahsanil Kholiqin UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.61579/kirana.v1i3.200

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur'an, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Qiraah, SDIT Yaa Bunayya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi yang diterapkan dalam pembelajaran maharah qiraah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di tingkat sekolah dasar. Pentingnya maharah qiraah sebagai fondasi dalam belajar bahasa Arab dan memahami Al-Qur'an menjadikan penelitian ini relevan, terutama dalam konteks perubahan metode pembelajaran akibat pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa di kelas 5 SDIT Yaa Bunayya. Proses analisis data mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana, yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang terstruktur, termasuk kegiatan pra-membaca, inti membaca, dan metode alternatif seperti bercerita dan menyambung cerita, efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metodologi pembelajaran maharah qiraah di sekolah-sekolah lainnya, serta menunjukkan bahwa pendekatan yang inovatif dan interaktif dapat membawa dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi institusi pendidikan dalam mengimplementasikan strategi yang lebih efektif dalam pengajaran bahasa Arab dan membantu siswa memahami Al-Qur'an dengan lebih baik.

References

Akrom, A. H. (2022). Memaknai Aktifitas Membaca Sebagai Jalan Ilmu dalam Islam (Studi Kandungan Surat Al-Alaq Ayat 1-5). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 7(1), 26–33. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.615

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196.

Fauzana Annova. (2022). Konsep Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab bagi Peserta didik di Indonesia. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 141–161. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i2.6228

Husnawati, H., Zubaidillah, Muh. H., Mardiana, M., Jannah, M., & Mauizdati, N. (2023). Hubungan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Terhadap Mahãrah Qirã’ah Siswa MTsN 4 HSU. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(6), 4237. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2842

Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51.

Khoiriyah, H. (2020). METODE QIRĀ’AH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN RESEPTIF BERBAHASA ARAB UNTUK PENDIDIKAN TINGKAT MENENGAH. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(1), 32. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7804

Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 207–232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ

Muhammad Iqbal Trenggono, R. Umi Baroroh, & Abd. Rauf Tan Sri Hassan. (2023). The Concept of Learning Maharah Istima according to Ali Ahmad Madkur. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 6(3), 325–346. https://doi.org/10.22219/jiz.v6i3.28964

Putri, F. N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24

Saepudin, S. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab (Teori dan Praktik). TrustMedia Publishing.

Sanwil, T., Utami, R., Hidayat, R., Ahyar, D. B., Rahmi, S., Bukhori, E. M., Febriani, S. R., Nisa, D. K., Mustakim, N., & Syukron, A. A. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Triyana, A., Deddy Soe’aiddy, M., & Fikni Mutiara Rachma. (2024). HUBUNGAN ANTARA KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BINA TAUHID AMALIAH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12891

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Muhammad Rizqi Ramadhan, M Sholih Salimul Uqba, Ryan Wahyu Wijayanto, & Ahsanil Kholiqin. (2024). Pembelajaran Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Maharah Qiraah di SDIT Yaa Bunayya Wringinanom Gresik. KIRANA : Social Science Journal, 1(3), 125–132. https://doi.org/10.61579/kirana.v1i3.200