Preparing For Tomorrow’s Challenge: Tren Teknologi & Media Dalam Pendidikan Masa Depan
DOI:
https://doi.org/10.61579/kirana.v1i2.167Keywords:
Paradigma Pembelajaran, Teknologi, Media, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan teknologi dan media dalam mempersiapkan pendidikan di masa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan media dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara manusia bekerja, bersosialisasi, belajar, dan bermain. Teknologi pendidikan seperti perangkat lunak pembelajaran, platform online, dan aplikasi mobile telah membuka akses yang luas terhadap sumber belajar yang interaktif, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dan mengembangkan keterampilan yang relevan. Media digital juga memberikan peluang baru untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik melalui penggunaan gamifikasi, simulasi, dan konten multimedia. Namun, penggunaan teknologi dan media dalam pendidikan juga menghadirkan tantangan seperti kesenjangan akses dan kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya sistem pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dan media untuk mempersiapkan pendidikan di masa depan.
References
Arizki, M. (2020). Pendidikan Agama Islam Era Revolusi 4.0. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(2), 52–71. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8125
Armayani, A., & Bahri, B. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Humano: Jurnal Penelitian, 14(2), 231–240. https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6640
Assya’bani, R., & Majdi, M. (2022). Pengembangan model pembelajaran pasca covid-19 berdasarkan pembelajaran abad 21. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 555–568. 10.35931/aq.v16i2.903
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. 10.47709/jpsk.v3i01.1951
Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234
Desrani, A., & Zamani, D. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 2014–2234. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v5i02.1252
Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran berorientasi tri hita karana sebagai upaya penguatan kualitas pendidikan dasar pada abad ke-21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Habsyi, I., & Ahmad, I. M. (2022). Pendidikan Dan Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Masa Depan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 3(2), 29–40. https://doi.org/10.5281/zenodo.6960358
Handayani, F., & Syukur, M. (2021). Implementasi pembelajaran higher order thinking skill (hots) di ma negeri 1 watansoppeng. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 127–135. https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/26569
Hayati, M. (2020). Kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/30248
Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: Peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907
Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit Nem.
Kuswara, R. D., Ferdiana, S., Dipalaya, T., & Sholihah, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Kurikulum IPA SMP. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 527–534. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4278
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mukhid, M. P. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. Pustaka Egaliter.Com, Yogyakarta. ISBN 978-623-185-111-6.
Neni, N. (2023). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Tazkiah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 43–52. https://jurnal.stairokanpress.or.id/index.php/JIET/article/view/4
Putra, F. S. D. (2021). Analisis Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Podcast Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 272–282. https://doi.org/10.37577/jp3m.v3i2.347
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323–329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005
Rizqi, M. (2023). Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 233–239. http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.7304
Rosyidah, E. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di TPQ Al-Azam Pekanbaru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 180–189. http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5017
Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Setyawan, C. E. (2020). Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 55–82. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.133
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan Ke-4). ALFABETA.
Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: Sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rodiah Nasution, M Sholih Salimul Uqba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.