Efektivitas Program Si Mas Baik (Sistem Manajemen Surat Berbasis Elektronik) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v3i2.416Keywords:
Eektivitas Program, Website SI MAS BAIK, Pelayanan PublikAbstract
Program SI MAS BAIK (Sistem Manajemen Surat Berbasis Elektronik) dirancang untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan surat-menyurat di Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur sebagai bagian dari digitalisasi administrasi pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program tersebut menggunakan metode kualitatif, mengacu pada teori efektivitas program Budiani (2007) yang meliputi empat indikator: ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program ini memberikan manfaat signifikan dalam mempercepat proses distribusi surat dan meningkatkan transparansi pelayanan publik, implementasinya masih menghadapi kendala. Beberapa pejabat terkait cenderung menggunakan metode manual dalam pengelolaan surat, yang menghambat pencapaian tujuan digitalisasi. Hambatan lain mencakup keterbatasan dalam pengunggahan surat secara massal, kurangnya monitoring intensif, dan gangguan jaringan internet. Upaya sosialisasi dan pelatihan telah dilakukan secara rutin, tetapi belum sepenuhnya optimal untuk memastikan pemanfaatan sistem yang maksimal. Untuk meningkatkan efektivitas program, diperlukan optimalisasi sosialisasi, pelatihan langsung kepada pengguna, serta monitoring berkala guna mendorong penerapan sistem secara lebih luas dan konsisten. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis bagi pengembangan lebih lanjut sistem manajemen surat berbasis elektronik guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih modern, efisien, dan kompetitif.
References
Aziz, A., & Kusnan. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sma Di Kabupaten Sumenep. Prosiding SNATIF, 337–342.
Azmi, P. R., & Utami, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi SI MAS BAIK (Sistem Manajemen Surat Berbasis Elektronik) Dalam Pengelolaan Arsip Surat Masuk Berbasis Elektronik di Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 1(4), 51–64.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2024). Rata-rata Nilai Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan SPBE.
Budiani, N. W. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Pengganguran. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 2(1), 49–57.
KemenpanRB No. 663 Tahun 2024. (2024). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 663 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024. 1–23.
Marsofiyati, & Eryanto, H. (2015). Modul Manajemen Perkantoran. LPP Press Universitas Negeri Jakarta, 6(11), 951–952., 200, 200.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (2018). Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Jawa Timur Nomor 8 Tahun 2018 tentang PEDOMAN PENGELOLAAN PELAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR. 3(2), 91–102.
Pemerintah Pusat. (2018). Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, 110.
Rizali, L. (2013). Efektivitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Kendahe Kabupaten Sangihe. LGovernance, 5(1), 1–13.
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahma Sari, Vidya Imanuari Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.