Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur Melalui Survei Kepuasan Masyarakat

Authors

  • Ajeng Dwi Larasati Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur ,Surabaya
  • Vidya Imanuari Pertiwi Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur ,Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v3i2.397

Keywords:

Survei Kepuasan Masyarakat, pelayanan public, evaluasi, Indeks Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Hasil survei menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 86,14, yang masuk kategori "Baik." Kekuatan utama terdapat pada indikator sarana dan prasarana (3,93) serta perilaku pelaksana (3,73), sementara kelemahan ditemukan pada sistem dan prosedur (3,2) serta persyaratan administratif (3,23). Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data SKM dan mengidentifikasi area perbaikan. Penelitian ini tidak bermaksud menjustifikasi keberhasilan implementasi, tetapi untuk memberikan gambaran obyektif terkait kekuatan dan kelemahan pelayanan. Rekomendasi mencakup penyederhanaan prosedur, optimalisasi teknologi digital, peningkatan kompetensi pelaksana, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam survei untuk hasil yang lebih representatif. Adapun ini dilakukan berkelanjutan berbasis data diperlukan guna menciptakan pelayanan publik yang responsif, transparan, dan akuntabel.

References

Creswell. J.W. and Creswell, J.D. (2017) Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition, Sage, Newbury Park

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. (2024). Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2024. Retrieved from https://binamarga.jatimprov.go.id/wp-content/uploads/download/pdf-files/laporan/laporan_ikm/SKM_2024.pdf.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. (2024). Standar Pelayanan Publik 2024. Retrieved from https://sippn.menpan.go.id/images/article/temp/Standar%20Pelayanan%20Publik%202024%20REV-20241013160203.pdf.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. (2024). Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui Website. Retrieved from https://sukma.jatimprov.go.id/.

Kyung, B. M. (2024). Mediating Role of Brand Preference Among Brands Toward Intention To Borrow At Conventional Bank. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 603-648.

Pramudita, M. Z. I., Murti, I., & Rahmadanik, D. (2022, August). Responsivitas Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air dalam Menangani Keluhan Kerusakan Jalan Kabupaten Sidoarjo. In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 36-40).

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Zhafran, M. (2022). Responsivitas Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air dalam Menangani Keluhan Kerusakan Jalan Kabupaten Sidoarjo.(Responsiveness of the Public Works Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air in Handling Complaints about Road Damage in Sidoarjo Regency) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Larasati, A. D., & Pertiwi, V. I. (2025). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur Melalui Survei Kepuasan Masyarakat. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 3(2), 531–543. https://doi.org/10.61579/future.v3i2.397