Konsep Integrasi Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional: Upaya Menghindari Dikotomi Ilmu

Authors

  • Rusnawati Magister Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Haris Riadi Magister Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Siti Jamiatussoleha Magister Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Suseno Magister Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Eti Susanti Magister Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v3i1.346

Keywords:

Pendidikan Islam, Pendidikan Nasional, Dikotomi Ilmu

Abstract

Pendidikan nasional maupun pendidikan islam tentu saja mempunyai tujuan yang baik agar dapat menghasilkan generasi yang unggul. Masalah-masalah yang terjadi, salah satunya adalah pembagian atau pemisahan antara pendidikan nasional dan islam yang saling bertentangan seharusnya bias untuk dihindari. Jika keduanya memiliki tujuan yang baik, maka seharusnya permasalahan ini tidak ada. Integritas merupakan suatu hal yang penting. Untuk mengatasi masalah dikotomi di Indonesia, maka diperlukannya integritas pendidikan islam dalam pendidikan nasional sebagai upaya untuk menghindari dikotomi pendidikan tersebut yang akan dibahas di dalam makalah ini. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana pendidikan islam dalam pendidikan nasional sebagai upaya menghindari dikotomi ilmu. Simpulan dari penulisan ini adalah dikotomi harus segera diakhiri salah satunya dengan menerapkan diintegrasi pendidikan Islam.

References

Aini, K. D. N., & Lazuardy, A. Q. (2020). Kritik Dualisme dalam Pendidikan Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 307–312.

Al-Faruqi, I. (1982). Al-Tawhid: Its Implications for Thought and Life. International Institute of Islamic Thought.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III (I. Thaha, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Kencana.

Bashori. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian IAIN Pekalongan, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Airlangga University Press.

Dainuri. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 1–8.

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194

Iskandar, Jamaluddin, Iqbal, M., & Muzzakir. (2022). Dikotomi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Al-Muslim, 1(1), 11–18.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Perdana Publishing.

Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . PT Remaja Rosdakarya.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Sumanti, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda terhadap pendidikan Islam. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 1(1), 44–62. https://doi.org/10.30829/jisa.v1i1.1791

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Rusnawati, Riadi, H., Jamiatussoleha, S., Suseno, & Susanti, E. (2025). Konsep Integrasi Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional: Upaya Menghindari Dikotomi Ilmu. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 3(1), 137–149. https://doi.org/10.61579/future.v3i1.346