Konsep Integrasi Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional: Upaya Menghindari Dikotomi Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v3i1.346Keywords:
Pendidikan Islam, Pendidikan Nasional, Dikotomi IlmuAbstract
Pendidikan nasional maupun pendidikan islam tentu saja mempunyai tujuan yang baik agar dapat menghasilkan generasi yang unggul. Masalah-masalah yang terjadi, salah satunya adalah pembagian atau pemisahan antara pendidikan nasional dan islam yang saling bertentangan seharusnya bias untuk dihindari. Jika keduanya memiliki tujuan yang baik, maka seharusnya permasalahan ini tidak ada. Integritas merupakan suatu hal yang penting. Untuk mengatasi masalah dikotomi di Indonesia, maka diperlukannya integritas pendidikan islam dalam pendidikan nasional sebagai upaya untuk menghindari dikotomi pendidikan tersebut yang akan dibahas di dalam makalah ini. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana pendidikan islam dalam pendidikan nasional sebagai upaya menghindari dikotomi ilmu. Simpulan dari penulisan ini adalah dikotomi harus segera diakhiri salah satunya dengan menerapkan diintegrasi pendidikan Islam.
References
Aini, K. D. N., & Lazuardy, A. Q. (2020). Kritik Dualisme dalam Pendidikan Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 307–312.
Al-Faruqi, I. (1982). Al-Tawhid: Its Implications for Thought and Life. International Institute of Islamic Thought.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III (I. Thaha, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Kencana.
Bashori. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian IAIN Pekalongan, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031
Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Airlangga University Press.
Dainuri. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 1–8.
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194
Iskandar, Jamaluddin, Iqbal, M., & Muzzakir. (2022). Dikotomi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Al-Muslim, 1(1), 11–18.
Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Perdana Publishing.
Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . PT Remaja Rosdakarya.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Sumanti, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda terhadap pendidikan Islam. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 1(1), 44–62. https://doi.org/10.30829/jisa.v1i1.1791
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rusnawati, Haris Riadi, Siti Jamiatussoleha, Suseno, Eti Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.