Kelayakan Media Audio Berbantuan Podcast pada Aplikasi Spotify dalam Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Madani Marindal I

Authors

  • Dona Anggraini Universitas Islam Sumatera Utara
  • Nila Safina Universitas Islam Sumatera Utara
  • Ridwan Syahputra Universitas Budi Darma

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v3i1.343

Keywords:

Pengembangan, Media Podcast Audio, Teks cerita pendek, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam menguji kelayakan dan efektivitas audio berbantuan podcast pada aplikasi Spotify dalam belajar menulis cerpen bagi siswa kelas XI SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dari ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian ahli material I dan II, diperoleh kriteria "Sangat Layak" dengan persentase sebesar 93%, menerima kriteria "Layak" atau 78%. Hasil penilaian ahli media I dan II memperoleh kriteria "Sangat Layak" atau 83% dan 92%. Hasil penilaian guru memperoleh kriteria "Sangat Layak" atau 94%. Tahap hasil uji coba lapangan dengan memberikan latihan kepada siswa memperoleh kriteria "Sangat Layak" atau 85%. Efektivitas bahan ajar didasarkan pada persentase penyelesaian pembelajaran siswa secara keseluruhan sebesar 86%. Dapat disimpulkan bahwa Media Audio valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Akhsan, H. (2021). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Nuansa Cendekia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (Vol. 3). Raja Grafindo Persada.

Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1). https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017

Barliana, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7.

Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3), 274. https://doi.org/10.2307/3121583

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Hamzah, M. Z., & Khoiruman, M. A. (2022). Media Pembelajaran dalam Menghadapi di Era Society 5.0. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 444–453.

Hasan, J. S., & Lubis, F. (2023). Aplikasi Spotify: Solusi Baru dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.8747

Hasan, Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P., I. M. I. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.; Vol. 1). Tahta Media Group.

Hawari, A., Rita, & Safina, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audiovisual Pada Materi Debat Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. KODE: Jurnal Bahasa, 10(1), 146–158.

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi (D. Fitriyyah, Ed.; Vol. 1). Medai Madani.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail, Ed.). Gunadarma Ilmu.

Kamdhi, J. S. (2013). Terampil Berekspresi Pendalaman Materi Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia (1st ed.). Andi Offset.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.

Laila, D. (2021). Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast. SemNas PBSI: Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3, 7–12.

Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Cipta Prima Nusantara.

Prahasari, M. A. (2014). Pengembangan Media Audio Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menanggapi Cerita untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(1).

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19 (Hartono, Ed.). CV Widina Media Utama.

Sarah, A., Ali, A., & Rita, R. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Film Pendek pada Materi Teks Anekdot pada Kelas X SMK Bina Taruna 2 Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 4(1), 6–9. https://doi.org/10.57251/sin.v4i1.1208

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wibowo, M. C. (2022). Podcast. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 8(1), 1–233.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Anggraini, D., Safina, N., & Syahputra, R. (2025). Kelayakan Media Audio Berbantuan Podcast pada Aplikasi Spotify dalam Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Madani Marindal I. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 3(1), 98–105. https://doi.org/10.61579/future.v3i1.343