Pola Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Bidang Pendidikan Oleh PT Karya Tanah Subur

Authors

  • Lismaiyar Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Indonesia
  • Mellita Dewi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Indonesia
  • Umi Salamah Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Indonesia
  • Yulia Fitri Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Indonesia
  • Sopar Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v3i1.316

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Implementasi CSR, Pendidikan, SMK Negeri 1 Kaway XVI, PT Karya Tanah Subur

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah upaya perusahaan untuk memperbaiki hubungan antara industrialisasi dan masyarakat serta lingkungan. PT Karya Tanah Subur berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Kaway XVI melalui empat inisiatif utama: pemberian beasiswa, program mentoring, magang, dan penyediaan bus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) sebagai sumber data. Hasilnya menunjukkan bahwa inisiatif ini diharapkan berdampak positif dan berkelanjutan pada kualitas pendidikan di sekolah.

References

Deasy, A. (2020). Implementasi program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Adaro Indonesia bidang pendidikan di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan, 6(4), 45–55.

Hutomo, D. S., & Saputra, J. A. (2023). CSR sebagai instrumen pengendali keamanan di Ring 1 perusahaan. Jurnal Hukum Bisnis, 12(03), 152–160.

Ibrahim, A. I., Erdiyana, L. K., & Nugraha, A. R. (2021). Implementasi corporate social responsibility PT. Pertamina (Persero) pada program Siswa Mengenal Nusantara. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 85–96.

Manik, J. D., Samosir, A. R., & Mesran, M. (2022). Penerapan metode simple additive weighting dalam penerimaan siswa magang pada Universitas Budi Darma. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 51–59.

Pisteo, R., Sugianto, F., & Agustian, S. L. (2020). Pemaknaan kembali terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Jurnal Hukum Magnum Opus, 3(1), 1–13.

Ramadhaniar, F. P., & Satispi, E. (2022). Implementasi corporate social responsibility (CSR) PT Permodalan Nasional Madani melalui program Ruang Pintar. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(3), 154–166.

Sitanggang, M. L. (2020). Pentingnya softskill untuk persiapan magang siswa SMK. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 1(2), 190–196.

Soebroto, M. I., & Murniarti, E. (2024). Peran corporate social responsibility dalam bidang pendidikan pada sekolah menengah kejuruan. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 1042–1060.

Syahrullah, S., Iswadi, M., Tikawati, T., & Hasbi, M. (2021). Implementasi corporate social responsibility (CSR) di Eramart Samarinda dalam perspektif ekonomi Islam. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 1, 1–9.

Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi corporate social responsibility (CSR) dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 169–182

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Lismaiyar, Dewi, M., Salamah, U., Fitri, Y., & Sopar. (2025). Pola Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Bidang Pendidikan Oleh PT Karya Tanah Subur. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 3(1), 150–159. https://doi.org/10.61579/future.v3i1.316