Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus : Toko AL Cabang Sekopek)
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v3i1.220Keywords:
Pemasaran, Strategi pemasaran, PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan Toko AL cabang sekopek. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah pemilik, administrator, dan tiga pelanggan Toko AL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, survei, dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa Toko AL menggunakan 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) dalam strateginya.. Dimana dari keempat strategi yang sudah diterapkan, strategi yang paling efektif dan optimal untuk meningkatkan penjualan produk adalah strategi produk dan strategi promosi. Strategi produk yaitu produk yang diperjualbelikan selalu update dan mengikuti trend sehingga penjualan produk di Toko AL meningkat dan permintaan akan produk tersebut naik. Sedangkan strategi promosi karena update nya informasi stok barang terbaru dan promo diskon di social media, serta pemasangan baliho dimana-mana terutama di depan Toko AL membuat konsumen tertarik untuk membeli produk apalagi untuk memperoleh informasi tersebut sangatlah mudah.
References
Sinaga, L. R., Siregar, H., & Siregar, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Sembako Minyak Goreng Pada Usaha Dagang Jaya Karya Siborongborong. Jurnal Darma Agung, 30(3), 470-491.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Yulianti, F., Lamsah, P., & Periyadi, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laila Nikmatul Ariefiana, Rauly Sijabat, Ika Indriasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.