Pengaruh Penerapan Metode Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AKL pada Mata Pelajaran PAPJDM di UPT SMK Negeri 1 Gowa
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v2i4.153Keywords:
Metode Scaffolding, Hasil Belajar, Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan ManufakturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode scaffolding terhadap hasil belajar siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran PAPJDM di UPT SMK Negeri 1 Gowa. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode scaffolding sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL di UPT SMK Negeri 1 Gowa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, kelas yang diambil yaitu XI AKL 4 berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji-t dan koefisien determinasi (r2). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil analisis deskriptif metode scaffolding sebesar 84,43 persen yang tergolong sangat baik dan hasil belajar pre-test dengan nilai rata-rata sebesar 7,88 yang tergolong kurang serta hasil belajar post-test dengan nilai rata-rata sebesar 87,00 yang tergolong baik. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh metode scaffolding Y = 70,069 + 0,205X yang berarti tiap penambahan satu nilai metode scaffolding, maka nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,205 satuan dan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti variabel metode scaffolding berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian hipotesis “diterima”. Sementara itu, hasil analisis koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai r2 = 50,3% yang berarti metode scaffolding memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 50,3% dan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain
References
Cahyo, A. N. (2014). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Ismail, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Scaffolding Pada Siswa Kelas V MI Terpadu Ad-Dimyati Bandung. Atthulab, 3 (2), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4210
Jaenudin, D. (2019). Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Penjas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 130–137. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.63
Karmi & Giri. (2019). Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa. Jakarta Timur: Pustaka Mulia.
Kasmir. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian (untuk Ilmu Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis). (Edisi 1 Cetakan Kesatu). Depok: RajaGrafindo Persada.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. (Edisi Revisi Cetakan Keempat). Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3 (1), 21–26. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Eli31/161
Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 10279–10295. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4039
Parwati, N. N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. (Edisi 1 Cetakan Kedua). Depok: Rajawali Pers.
Prastowo. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/Mi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Purwasih, S. M., & Rahmadhani, E. (2021). Penerapan Scaffolding Sebagai Solusi Meminimalisir Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7 (2), 91–98. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. (Edisi 1 Cetakan Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.
Sahade, & A. Ngampo, M. Y. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas XII IPS SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20 (1), 54–60. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4428/2563
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. (Edisi 1 Cetakan Kesatu). Depok: RajaGrafindo Persada.
Santrock, Jhon W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. (Edisi 13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Edisi Revisi Cetakan Keenam). Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. (2023). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. (Edisi 2 Cetakan Kelima). Depok: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi 2 Cetakan Keempat). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. (Edisi Revisi Cetakan Kesatu). Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. (Edisi 1 Cetakan Kesatu). Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Edisi 2 Cetakan Kelima). Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. (Edisi Revisi Cetakan Keempat Belas). Jakarta: Rajawali Pers.
Thalib, S. B. (2023). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. (Edisi Revisi Cetakan Keempat). Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widoyoko, E., P. (2018). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naila Syam Zam Ichwan, Hariany Idris, M. Ridwan Tikollah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.