Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas 8 SMP Katolik Aquino Amurang

Authors

  • Erica Adriaan Universitas Negeri Manado
  • Selfie Kumesan Universitas Negeri Manado
  • Ontang Manurung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v2i3.130

Keywords:

Student Team Achivement Division (STAD), Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa hanya sanggup menyelesaikan soal yang benar – benar mirip dengan contoh yang dijelaskan oleh guru, beberapa siswa tidak mengerjakan latihan, hanya berharap jawaban dari teman lainnya dan banyak siswa menganggap materi ini cukup sulit. Selain itu model pembelajaran yang diterapkan juga masih menggunakan model pembelajaran langsung atau Direct Instraction atau berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang paham tentang materi yang diajarkan tidak ada kesempatan untuk mengembangkan kererampilan  mereka sendiri.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh penerapan model Studendt Team Achivement Division  terhadap hasil belajar siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain posstest-only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluh siswa kelas 8 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang teridir dari 20 siswa di SMP Katolik Aquino Amurang tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh adalah hasil posstest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen ????̅???? = 78,65 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol ????̅???? = 65. Pengujian data setelah menggunakan taraf nyata ???? = 0,05 diperoleh ????ℎ???????????????????? = 4,97 > ???????????????????????? = 1,68 dan disimpulkan ????0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran student team achievement division pada materi persamaan garis lurus lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung atau Dirrect Instruction (DI)

References

Almash, & Nasution (2012: 15) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division.

Ahmad susanto 2015, Teori belajar (Hasil Belajar).

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press

Istarani & Ridwan (2014: 11), Cooperative Learning.

Jurnal Citra Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2022 ISSN 2775-1589 Hal 643-655.

Maiwan Putra Kihangara. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Dasar-dasar Otomotif Siswa SMK Piri 1 Yogyakarta.

Permana, Susanto & Indah (2014: 50) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar.

Slamento (2018), Soemanto (1990). Pengertian belajar dan hakikat belajar .

Slavin, R. (2009). Cooperative Learning ( Teori, Riset dan Praktik ), nusa media.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.

Maulia Andriana Ghani (2022), artikel rumus persamaan garis lurus.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Adriaan, E., Kumesan, S., & Manurung, O. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas 8 SMP Katolik Aquino Amurang. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(3), 178–182. https://doi.org/10.61579/future.v2i3.130