Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas 8 SMP Katolik Aquino Amurang
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v2i3.130Keywords:
Student Team Achivement Division (STAD), Hasil Belajar, Persamaan Garis LurusAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa hanya sanggup menyelesaikan soal yang benar – benar mirip dengan contoh yang dijelaskan oleh guru, beberapa siswa tidak mengerjakan latihan, hanya berharap jawaban dari teman lainnya dan banyak siswa menganggap materi ini cukup sulit. Selain itu model pembelajaran yang diterapkan juga masih menggunakan model pembelajaran langsung atau Direct Instraction atau berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang paham tentang materi yang diajarkan tidak ada kesempatan untuk mengembangkan kererampilan mereka sendiri.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh penerapan model Studendt Team Achivement Division terhadap hasil belajar siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain posstest-only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluh siswa kelas 8 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang teridir dari 20 siswa di SMP Katolik Aquino Amurang tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh adalah hasil posstest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen ????̅???? = 78,65 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol ????̅???? = 65. Pengujian data setelah menggunakan taraf nyata ???? = 0,05 diperoleh ????ℎ???????????????????? = 4,97 > ???????????????????????? = 1,68 dan disimpulkan ????0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran student team achievement division pada materi persamaan garis lurus lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung atau Dirrect Instruction (DI)
References
Almash, & Nasution (2012: 15) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division.
Ahmad susanto 2015, Teori belajar (Hasil Belajar).
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press
Istarani & Ridwan (2014: 11), Cooperative Learning.
Jurnal Citra Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2022 ISSN 2775-1589 Hal 643-655.
Maiwan Putra Kihangara. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Dasar-dasar Otomotif Siswa SMK Piri 1 Yogyakarta.
Permana, Susanto & Indah (2014: 50) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar.
Slamento (2018), Soemanto (1990). Pengertian belajar dan hakikat belajar .
Slavin, R. (2009). Cooperative Learning ( Teori, Riset dan Praktik ), nusa media.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.
Maulia Andriana Ghani (2022), artikel rumus persamaan garis lurus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erica Adriaan, Selfie Kumesan, Ontang Manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.