Analisis Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61579/future.v2i3.106Keywords:
E-Commerce, MSMEs, SalesAbstract
This research aims to analyze the use of e-commerce applications in increasing sales in MSMEs in the Culinary Sector in Makassar City. The variables of this research are utilization of e-commerce applications as the independent variable (X) and sales as the dependent variable (Y) which is measured by sales growth. The population of this research is sales reports for MSMEs in the Culinary Sector in Makassar City, while the sample is sales reports for 2019-2023 for MSMEs in the Culinary Sector in Makassar City which were taken using the purpose sampling technique. Data collection was carried out using documentation and interviews. Data analysis was carried out using descriptive quantitatif methods. The results of this research show that e-commerce applications can increase sales in the Culinary Sector MSMEs in Makassar City if they are utilized optimally by providing promotions for consumers.
References
Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Jurnal IDEAS (Pendidikan, Sosial, Dan Budaya), 8(4), 1257–1266. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040
Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 759–761. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i03.p15
Ahmad, R. F. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 8(1), 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jati.v8i1.911
Alfiani, Naz’aina, Haykal, M., & Mursidah. (2024). Pengaruh Sales Growth, Operating Capacity, dan Intellectual Capital terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 2(4), 501–510. https://doi.org/10.29103/jam.v%vi.11150
Angelia, D. (2022). Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik. GoodStats. Dipetik pada 7 Januari 2024, dari https://:goodstats.id/article/lebih-dari-1000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Depok: Rajawali Pers.
Dakhi, S. A., Junaidi, L. D., & Syaharman. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan pada Restoran Makanan Jepang (Studi Kasus PT. Sushi Indo Sukses Mandiri). WORKSHEET: Jurnal Akuntansi, 2(2), 27–37.
Hamdani. (2020). Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Indah, S. (2021). Pengaruh Ukuran Usaha dan Sumber Modal terhadap Penerapan Standar Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa atau Pelayanan Laundry di Kecamatan Makassar Tahun 2019. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 1(1), 18–30.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka utama.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2018). E-commerce 2017 Business Technology Society (13th Global). United Kingdom: Pearson Education Limited.
Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Management, 1(2), 139–152.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. (2018). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Piddiani, J., Aprilia, I., & Karlina, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Online Food Delivery untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Seblak di Kota Tasikmalaya). TRANSEKONOMIKA : Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4), 71–80.
Prasetyo, A. & R. S. (2016). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar. JITIKA (Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Informasi ASIA), 10(2), 1–16.
Purwanto, Y., Wahono, B., & Hardaningtyas, R. T. (2022). Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM di Kota Probolinggo Jawa Timur. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(9), 36–44.
Putra, K. A. D., Hidayatullah, F., & Farida, N. (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan di Indonesia Melalui Aplikasi Go-Food. Islamic Communication Journal, 5(1), 114–124. https://doi.org/https://doi.org/10.21580.icj.2020.5.1.5416
Rahayu, L., & Huda, I. Al. (2023). E-commerce sebagai Media untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemik Covid 19 di Kalimantan Selatan. Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 150–175.
Rahayu, W. P., & Sopia, D. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Food dan Beverage di Bursa Efek Indonesia). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(2).
Sasangka, I. & R. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 129–154.
Shaliha, A. H., Mulatsih, E. S., Sazili, & Wandestarido. (2023). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Online Berbasis E-Commerce dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus UMKM Pyo Jewelry). JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), 8(1), 11–21.
Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Economie, 3(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.prg/10.30742/economie.v3i1.1511
Witi, F. L. (2021). Membangun E-Commerce Teori, Strategi, dan Implementasi (E. Pujiyono (ed.)). Banyumas: CV. Amerta Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hindong Ika Putri, Abdul Rijal, Nur Afiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.