Peran Pendamping PKH Dalam Upaya Mencapai SDG’s Di Kecamatan Kaliwungu Selatan

Authors

  • Ika Rini Harmonis Pendidikan Luar sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
  • Abdul Malik Pendidikan Luar sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61579/future.v2i3.101

Keywords:

Peran Pendamping, Program Keluarga Harapan, SDGs

Abstract

Kemiskinan dapat digambarkan sebagai suatu keadaan dimana tidak adanya hal-hal yang secara umum diklaim, misalnya makanan, pakaian, tempat berlindung dan air minum, hal- hal tersebut berkaitan erat dengan kepuasan pribadi. Salah satu upaya otoritas publik untuk mengatasi kemiskinan adalah dengan memberikan bantuan dalam bentuk PKH dan dalam siklus peruntukannya terdapat beberapa kolaborator PKH yang memberikan inspirasi atau mengarahkan cara yang paling umum dalam mengedarkan panduan dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Di Kota Sukomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, pekerjaan teman-teman sangat mempengaruhi wilayah penerima bantuan yang kondisinya berangsur-angsur membaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menguraikan dampak dari upaya pencapaian beberapa program SDGs diantaranya yang sudah dilaksanakan Desa Sukomulyo yaitu tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, pendidikan yang berkualitas, dan desa berkesetaraan gender di Kota Sukomulyo, Kaliwungu Selatan. Kajian ini diarahkan menggunakan strategi eksplorasi memukau dengan metodologi subjektif. Pengumpulan informasi dalam pemeriksaan kualitatif ini menggunakan observasi dan wawacara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping sangat berpengaruh pada masyarakat dalam mengatur keuangan juga menerima informasi berupa pengetahuan juga pelatihan yang diadakan pendamping PKH setiap pertemuannya, dimana berupa motivasi dan memberikan fasilitas kepada masyarakat penerima manfaat begitu diperhatikan satu persatu sampai masyarakat menyadari dirinya mampu dan mengubah keadaannya lebih baik lagi. Mulai dari ibu hamil, lansia, hingga anak yang sedang menjalankan sekolahnya.

References

Ananda, T. A., & Shofwan, I. (2023). Peran Tutor Dalam Layanan Pembelajaran Komputer Di Lembaga Kursus Pelatihan Elmuna Klirong Kebumen. Jendela Pls: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.37058/Jpls.V8i2.7620

Andini, F., Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran Guru Dengan Kompetensi Sosial Emosional Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Membangun Student Well-Being Pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V6i1.1490

Anggraeni, D., & Kisworo, B. (2020). Pengelolaan Program Kesehatan Masyarakat Melalui Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Di Kelurahan Plalangan. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 23–39. Https://Doi.Org/10.15294/Jnece.V4i1.34292

Arbarini, M., Ilyas, I., Kisworo, B., Malik, A., & Siswanto, Y. (2022). Pelatihan Ecoprinting Berbasis Participatory Learning And Action Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.37905/Dikmas.2.3.857-866.2022

Bhuwania, P., Mukherji, A., & Swaminathan, H. (2024). Women’s Education Through Empowerment: Evidence From A Community-Based Program. World Development Perspectives, 33, 100568. Https://Doi.Org/10.1016/J.Wdp.2024.100568

Buchs, M. (2021). Sustainable Welfare: Independence Between Growth And Welfare Has To Go Both Ways. Global Social Policy, 21, 146801812110191. Https://Doi.Org/10.1177/14680181211019153

Burhanuddin, B., Arfiani, A., Mustaking, M., & Prasodjo, T. (2023). Strategy For Achieving Integrity Zone At Makassar Vocational Training And Productivity Center. Sosiohumaniora, 25(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V25i2.46217

Dr. Suwandi, Dr. R. A. (2014). Keuangan Mikro Untuk Penanggulangan Kemiskinan. Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Anggota Ikapi 077/Diy.

Elisah, Y. (2022). Evaluasi Program Keluarga Harapan Dalam Menunjang Fasilitas Pendidikan Siswa Kurang Mampu Di Kota Cilegon [Masterthesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta]. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/62004

Evitasari, R. Y., & Kisworo, B. (2020). Wirausaha Home Industri Mebel Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30870/E-Plus.V5i1.8095

Herdiyanti, H., & Akbar, M. F. (2020). The Analysis Of Socio-Economic Characteristic Impacts On Child Educationin Rural Households. Sosiohumaniora, 22(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V22i1.24064

Hubaib, F. (2020). Analysis Of Equality In Social, Economic And Education In Enggelam Village Muara Wis , District Of Kutaikartanegara. Sosiohumaniora, 22(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V22i3.26287

Irianto, H., Kurniawan, B. A., & Khamdi, A. S. A. H. (2023). Strategi Pemerintah Desa Dalam Peningkatan Partisipasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Suko, Sukodono, Sidoarjo. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V6i2.1822

Jusrianto, J. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Faktor Pendukung Sekretaris Desa Dalam Memberikan Pelayanan Di Bidang Administrasi. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V3i2.285

Kemp, S. P. (2023). Building Jetties To The Future: Thinking And Doing Social Work In A ‘Moment Of Danger.’ Social Work & Society, 21(1), Article 1. Https://Ejournals.Bib.Uni-Wuppertal.De/Index.Php/Sws/Article/View/836

Kibukho, K. (2021). Mediating Role Of Citizen Empowerment In The Relationship Between Participatory Monitoring And Evaluation And Social Sustainability. Evaluation And Program Planning, 85, 101911. Https://Doi.Org/10.1016/J.Evalprogplan.2021.101911

Kunarjo. (2002). Perencanaan Dan Pengendalian. Program Pembangunan. Universitas Indonesia.

Leroy, J. L., Koch, B., Roy, S., Gilligan, D., & Ruel, M. (2021). Social Assistance Programs And Birth Outcomes: A Systematic Review And Assessment Of Nutrition And Health Pathways. The Journal Of Nutrition, 151(12), 3841–3855. Https://Doi.Org/10.1093/Jn/Nxab292

Lestari, T. S., & Suminar, T. (2020). Pemberdayaan Sebagai Upaya Peningkatan Konservasi Budaya Lokal Di Desa Menari Tanon. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 1–16. Https://Doi.Org/10.15294/Jnece.V4i1.34481

Lorts, C., Tasevska, N., Adams, M. A., Yedidia, M. J., Tulloch, D., Hooker, S. P., & Ohri-Vachaspati, P. (2019). Participation In The Supplemental Nutrition Assistance Program And Dietary Behaviors: Role Of Community Food Environment. Journal Of The Academy Of Nutrition And Dietetics, 119(6), 934-943.E2. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jand.2018.11.021

Maghfiroh, F. W., & Mulyono, S. E. (2021). Pengembangan Kewirausahaan Dalam Pembuatan Kitiran Pada Kpk Mekar Jaya Di Desa Karanganyar Kabupaten Jepara. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 6(1), Article 1. Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/E-Plus/Article/View/11419

Malik, A., Utsman, U., Mulyono, S. E., Arbarini, M., & Desmawati, L. (2021). Sosialisasi Seribu Hari Pertama Kehidupan Untuk Generasi Berkualitas Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Bina Desa, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Jbd.V3i1.27072

Matthew Miles, & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru.

Menashy, F., & Zakharia, Z. (2023). Partnerships For Education In Emergencies: The Intersecting Promises And Challenges Of Sdg 4 And Sdg 17. International Journal Of Educational Development, 103, 102934. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijedudev.2023.102934

Mulyono, S. E. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Edukasi, 14(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Edukasi.V14i1.964

Nakhle, P., Stamos, I., Proietti, P., & Siragusa, A. (2024). Environmental Monitoring In European Regions Using The Sustainable Development Goals (Sdg) Framework. Environmental And Sustainability Indicators, 21, 100332. Https://Doi.Org/10.1016/J.Indic.2023.100332

Nandini, R., Putri, B. G. R., Setiawan, S. N., Anggraeni, F., & Fedryansyah, M. (2022). Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Upaya Resolusi Konflik Sosial Di Desa Genteng Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24198/Jkrk.V4i1.38294

Nichols, C. (2024). Equity And Empowerment Effects: Multiple Styles Of ‘Voluntarism’ In Community-Based Health Projects. World Development, 174, 106448. Https://Doi.Org/10.1016/J.Worlddev.2023.106448

Nurak, A. P. N., Dewi, A. A. I. K. G., & Dewi, K. G. P. (2023). Perubahan Sosial Pada Paguyuban Pedagang Paska Revitalisasi Pasar Seni Sukawati. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V6i2.2024

Rachma, M., Hidayat, Y., & Azkia, L. (2022). Hambatan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Kelurahan Pelambuan Kota Banjarmasin. Padaringan (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.20527/Padaringan.V4i2.5457

Ridena, S. (2021). Kemiskinan Dan Lingkungan: Perspektif Kemiskinan Di Perkotaan Dan Perdesaan. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.32630/Sukowati.V5i1.196

Riyana, D., & Kisworo, B. (2019). Intervensi Pekerja Sosial Terhadap Penyandang Disabilitas Mental Di Margo Laras Pati. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 79–87. Https://Doi.Org/10.15294/Jnece.V3i1.26515

Roviana, R., & Malik, A. (2022). Dinamika Kelompok Pengusaha Warung Sate Ayam Khas Ambal Dalam Upaya Meningkatkan Taraf Hidup. Jendela Pls: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.37058/Jpls.V7i2.5669

Sulimani-Aidan, Y., & Tayri-Schwartz, T. (2021). The Role Of Natural Mentoring And Sense Of Belonging In Enhancing Resilience Among Youth In Care. Children And Youth Services Review, 120, 105773. Https://Doi.Org/10.1016/J.Childyouth.2020.105773

Terru, I., Kurniawan, B. A., & Ismail, I. (2023). Upaya Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo Dalam Menunjang Keberhasilan Program Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V6i2.1639

Trisnawati, W., Raharjo, T. J., & Kisworo, B. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela Pls: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.37058/Jpls.V6i1.2309

Zukri, Z., & Sagita, M. (2020). Analisis Fungsi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Gampong (Dpmg) Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Gampong. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V3i2.295

Zulfikar, Z., Rozaili, R., & Marjani, N. (2023). Efektivitas Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Pada Dinas Sosial Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.47647/Jsh.V6i1.1556

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Harmonis, I. R., & Malik, A. (2024). Peran Pendamping PKH Dalam Upaya Mencapai SDG’s Di Kecamatan Kaliwungu Selatan. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(3), 107–124. https://doi.org/10.61579/future.v2i3.101