Optimalisasi Keterampilan Motorik Halus Anak RA Al Azhar Palangka Raya Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel
DOI:
https://doi.org/10.61579/beujroh.v3i3.688Keywords:
Motorik Halus, Menggunting Dan Menempel, Anak Usia DiniAbstract
Kemampuan motorik halus sangat penting bagi anak usia dini, karena berpengaruh terhadap kesiapan mereka dalam menulis dan melakukan aktivitas lainnya dimasa depan. Kegiatan menggunting dan menempel merupakan slah satu metode yang efektif dalam melatih koordinasi tangan,mata dan jari anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel. Metode yang digunakan adalah pendekatan praktik langsung, dimana nak-anak diberikan pola gambar yang harus mereka gunting dan tempel. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa anak-anak mengalamai peningkatan dalam keterampilan menggunting, menempel, serta koordinasi mata dan tangan. dengan demikian dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam stimulasi motorik halus anak.
References
Falera, A. (2024). Optimalisasi Stimulasi Motorik Halus sebagai Kegiatan Pra Menulis Anak Usia Dini dengan kecenderungan Disgrafia. 11(2), 118–125.
Nurhaswinda, Guntara, R. Y., & Putri, V. D. R. (2025). Optimalisasi Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Seni Kolase Kapal di TK SBB Pelangi Nusantara 04. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2572–2581.
Nurlaili. (2019). PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI.
Pao, D., Tarowang, K. E. C., Jeneponto, K. A. B., Afiif, A., & Patiung, D. (2020). PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK DARMA WANITA. 3, 101–110.
Sit, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Motorik Halus dengan Bahan Bekas Pada Anak Usia Dini. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Setyawati, Muzakki, Nurwie, Nur Sani Arumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







