Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Kegiatan Literasi Membaca di RA Annisa 2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.61579/beujroh.v3i3.687Keywords:
kemampuan membaca, literasi awal, anak usia dini, metode fonetik, RA Annisa 2Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf latin anak usia dini melalui kegiatan literasi membaca di RA Annisa 2 Palangka Raya. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis pukul 10.00–11.00 WIB selama empat minggu dengan melibatkan 20 anak kelompok B berusia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah pembelajaran fonetik dan suku kata yang dikombinasikan dengan media visual serta permainan edukatif. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, pendampingan guru, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi anak: 85% anak mampu mengenal huruf latin dengan benar, 80% mampu menggabungkan huruf menjadi suku kata, dan 75% mampu membaca kata sederhana. Guru juga memperoleh peningkatan kompetensi dalam strategi pengajaran membaca, sementara orang tua menunjukkan dukungan aktif di rumah. Program ini terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini serta memperkuat kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan perguruan tinggi. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pembelajaran berkelanjutan dalam pengembangan literasi dasar anak usia dini
References
Fauziah, L. (2021). Implementasi Shared Reading dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 431–442. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1105
Hapsari, A. D., & Rahayu, W. (2022). Penerapan Metode Fonetik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 115–124. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.42087
Kemendikbudristek. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah. https://gln.kemdikbud.go.id
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.
Putri, A. R., & Lestari, I. (2022). Strategi Bermain Sambil Belajar untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(3), 187–196. https://doi.org/10.21009/JPUD.093.02
Rahmawati, D., & Nurjanah, S. (2023). Learning Through Play dalam Peningkatan Literasi Permulaan Anak. Jurnal Golden Age, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.5648
Sari, M. N., & Nisa, R. (2021). Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi di Sekolah. Jurnal Cakrawala Dini, 12(1), 10–18. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.29764
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent Literacy: Writing and Reading. Ablex Publishing.
UNESCO. (2020). Global Education Monitoring Report 2020: Inclusion and Education—All Means All. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org
Muzakki, M., Aghnaita, A., & Puspita, D. (2022). Mengembangkan kegiatan literasi awal bagi anak usia dini di lingkungan keluarga. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 111-119. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6966
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Miyani, Muzakki, Siti Marifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







