Pembiasaan Mengaji Iqra Sebagai Penguatan Nilai Moral dan Agama Bagi Anak Usia Dini 5–6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.61579/beujroh.v3i3.683Keywords:
pengabdian masyarakat, mengaji iqra, nilai moral, anak usia dini, pembiasaanAbstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini memegang peranan krusial dalam membentuk fondasi moral dan spiritual individu. Era digital membawa tantangan tersendiri yang menuntut adanya benteng pertahanan nilai-nilai luhur sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat nilai moral dan agama pada anak usia 5–6 tahun melalui program pembiasaan mengaji dengan metode Iqra. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di RA Annisa 2 Palangka Raya selama tiga bulan, dari Agustus hingga Oktober, dengan melibatkan 11 anak sebagai partisipan. Metode yang digunakan adalah participatory action yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin hingga Kamis setelah jam sekolah. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan positif baik dari aspek kemampuan mengaji maupun dari aspek nilai moral. Kemampuan anak dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah menunjukkan kemajuan, meskipun tingkat kelancaran bervariasi. Dari sisi nilai moral, seluruh anak (100%) menunjukkan disiplin waktu, 8 dari 11 anak (73%) menunjukkan sopan santun yang baik, dan 7 anak (64%) menunjukkan antusiasme belajar yang tinggi. Disimpulkan bahwa metode pembiasaan mengaji Iqra secara terstruktur dan berkelanjutan efektif dalam menanamkan dasar-dasar kemampuan membaca Al-Qur’an sekaligus memperkuat nilai-nilai karakter seperti disiplin, sopan santun, dan minat belajar agama.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jpp.V2i1.4312
Anwar, N. A. O., & Cholimah, N. (2023). Strategi Penanaman Nilai Agama Dan Moral Di Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.4682
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3565
Aziz, M., & Sitorus, I. Y. (2025). Implementasi Pembelajaran Pai Menggunakan Metode Talaqqi Dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ An Siswa. Elementary School Education Journal, 9(1), 49–57.
Kuswoyo. (2016). Metode Iqra’ K.H. As’ad Humam Perspektif Behavioristik. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 2(1), 122–141.
Lubis, R. R., Mahrani, N., Margolang, D., & Assingkily, M. S. (2020). Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode Dan Tujuannya Pada Masyarakat Di Kutacane Aceh Tenggara. Kuttab, 4(2). Https://Doi.Org/10.30736/Ktb.V4i2.275
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. Https://Doi.Org/10.21043/Thufula.V8i2.7190
Mastiyah, I. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 5(3), 57–87. Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V5i3.138
Mauzen, M. A. R., & Arifin, Z. (2024). Dinamika Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Mengaji Rutin. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(4), 84–91.
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V5i1.425
Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ An Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–42.
Sudaryanti, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–20. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V1i1.2902
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 2.
Yanti, D., & Jahani, N. (2021). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur’an. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 2(2), 78–88. Https://Doi.Org/10.55171/Jaa.V2i2.605
Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di Tk Hiama Kids. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 57–66. Https://Doi.Org/10.35393/1730-006-002-014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hidayatul Husna, Muzakki, Rahayu Puji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







