Pelatihan Menulis Bagi Santri Sebagai Peningkatan Literasi Santri Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Batang
DOI:
https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.223Keywords:
Keterampilan menulis, literasi, santri, dakwah, pesantrenAbstract
Pelatihan menulis di Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung, Batang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi santri, khususnya dalam menulis karya tulis akademik dan non-akademik. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahap: pengenalan dasar menulis, menulis kreatif dan informatif, serta publikasi karya tulis. Santri diberikan pelatihan tentang teknik menulis, pengelolaan ketegangan saat menulis di depan umum, serta cara menerima dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Melalui pelatihan ini, santri diharapkan mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas, mempublikasikannya dengan tepat, serta memahami pentingnya hak cipta dan plagiarisme. Evaluasi dan refleksi menjadi bagian penting untuk mengukur pencapaian santri selama program. Pelatihan ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi santri untuk mengembangkan budaya literasi yang lebih kuat di pesantren dan masyarakat.
References
Gunning, T. (2016). Creating Literacy Instruction for All Students. Pearson Education Inc.
Helaluddin & Awaluddin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Media Madani.
Surawan, & Muthaharoh, N. R. (2024). Pembuatan Pohon Literasi Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa MTs Mumtaz Palangka Raya. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan dan Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 381–392. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i2.199
Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik. Literasi Nusantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Widodo, Evi Yulia Purwanti, Maal Naylah, Putri Rizka Citaningati, Arif Pujiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.