Penguatan Literasi Teknologi Bagi Anak-Anak Gampong Cot Suruy: Drone Sebagai Media Pembelajaran Kreatif

Authors

  • Faisal Syahputra Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Abulyatama
  • Nadilla Nadilla Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Abulyatama
  • Roy Amonda Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.217

Keywords:

Literasi teknologi, Drone, Pembelajaran kreatif, STEM, Media Pembelajaran Kreatif

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi pada anak-anak di Gampong Cot Suruy melalui penggunaan drone sebagai media pembelajaran kreatif. Program ini melibatkan 15 anak usia 8-15 tahun dalam serangkaian pelatihan dan praktik langsung pengoperasian drone. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknologi drone dan minat anak-anak terhadap bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika

References

Giantomi Muhammad, Ayi Sobarna, Safitri A, N., Faujiah, C. S., & Putri, R. V. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Keuangan Siswa SMP Negeri 01 Tanjungsiang Menuju Generasi Melek Teknologi dan Finansial. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 423–438. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.207

Khan, M. Y., Shahzad, A. K., & Mahar, G. Y. (2018). New Technologies and Digital Literacy in Education: A Shifting Paradigm. Pakistan Social Sciences Review, 2(1), 108–118.

Musti-Rao, S., Cartledge, G., Bennett, J. G., & Council, M. (2014). Literacy Instruction Using Technology With Primary-Age Culturally and Linguistically Diverse Learners. Intervention in School and Clinic, 50(4), 195–202. https://doi.org/10.1177/1053451214546404

Pandapotan, T., Harianja, S. I., Zahra, F. M., Septiardilla, F., Rohimin, M. A. G., & Sofyan, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268596067

Peterman, N., Ngo, L., LeBlanc, R., & Goldstein, S. (2014). Breaking the Boundaries of Texts: Video Game and Literacy Curriculum Development for English Language Learners. NYS TESOL JOURNAL, 1(1), 51–59.

Skouge, J., Boisvert, P., & Rao, K. (2007). Pacific Voices: educational technologies for literacy learning. Multicultural Education & Technology Journal, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.1108/17504970710745184

Warschauer, M., Knobel, M., & Stone, L. (2004). Technology and Equity in Schooling: Deconstructing the Digital Divide. Educational Policy, 18(4), 562–588. https://doi.org/10.1177/0895904804266469

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Syahputra, F., Nadilla, N., & Amonda, R. (2024). Penguatan Literasi Teknologi Bagi Anak-Anak Gampong Cot Suruy: Drone Sebagai Media Pembelajaran Kreatif. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 462–469. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.217